Senin, 11 Maret 2013

Tipe data pada pascal


TIPE DATA SEDERHANA 

Integer 
Tipe integer adalah tipe data yang nilainya bulat. 
Ada 5 macam tpe integer, yaitu: 
Tipe  Jangkauan Nilai (Range)  Format 
Shortint  -128 .. 127  Signed 8 bit 
Integer  -32768 .. 32767  Signed 16 bit 
Longint  -2147483648 ..  2147483647  Signed 32 bit 
Byte  0 .. 255  Unsigned 8 bit 
Word  0 .. 65535  Unsigned 8 bit 


Contoh:
Var   A, B, C : Integer; 
D, E, F : Longint; 
Operator-operator yang berlaku pada tipe data integ
er, yaitu :  
Operator arithmatik : +, - , *, /, div, mod   
Operator logic : <, = , > , <= , >= , <> 


Real 
Real merupakan tipe bilangan pecahan. Bilangan realbisa dinyatakan dalam bentuk eksponensial. Ada 5 macam tipe real, yaitu: Tipe  Jangkauan Nilai  Digit Signifikan

Ukuran Real  2,9 x 10
-38
 .. 1,7 x 10
38 
11 - 12  6 byte 
Single  1,5 x 10
-45
 .. 3,4 x 10
38 
7 - 8  4 byte 
Double  5.0 x 10
-324
 .. 1,7 x 10
308 
15 - 16  8 byte 
Extended  3,4 x 10
-4932
 .. 1,11 x 10
4932 
19 - 20  10 byte 
Comp  -2
63
 + 1 .. 2
63
 - 1  19 - 20  8 byte 

Contoh deklarasi: 
Var   A, B, C : Real; 
D, E, F : Double; 
Operasi – operasi yang bisa dikerjakan oleh tipe data real adalah
• Operasi  biner,  seperti  penjumlahan  (+),  pengurangan  (-),  perkalian  (*),  dan pembagian (/) 
• Operasi uner. Contoh: -4.25, +1.25 

Boolean 
Boolean adalah tipe data yang hanya mempunyai dua kemungkinan, yaitu true dan false. Biasanya tipe data ini digunakan untuk perbandingan. 
Var   A, B, C : Boolean; 
 Operator  NOT,  OR,  AND,  dan  XOR  dapat  dibentuk  secara  bersamaan  menjadi sebuah ungkapan Booleanyang rumit. 

Misal:  
Var A,B,C: Boolean; 
Begin 
 C := false; B := true; 
 A := (Not(C) AND Not (B)) XOR (C); 
Write(A); readln; 
End. 
Menurut anda, berapakah nilai A? 


Char 
Char  adalah  semua  tombol  yang  terdapat  pada  keyboard  atau  lebih  lengkapnya semua karakter yang terd pat pada kode ASCII. 
Catatan  :  Apabila  char  ingin  dijadikan  sebagai  konstanta  maka  karakter  yang dimasukkan harus diapit dengan tanda kutip satu. Dan apabila karakter itu berupa tanda kutip satu maka harus diapit dengan dua tanda kutip satu  
Beberapa fungsi untuk memanipulasi tipe daa char: 

·         Ord(x)  dengan  x  adalah  data  bertipe  char.  Fungsi  ini  digunakan  untuk memperoleh  nilai  urutan  dalam kode  ASCII  yang  digunakan  untuk melambangkan karakter tersebut. Contoh: Ord('C') adalah 67.
·         Char(x)  dengan  x  adalah  data  bertipe  byte.  Fungsi  ini  adalah  kebalikan  dari fungsi  Ord.  Nilai  yang  diporoleh  merupakan  karakter ASCII  yang  dinyatakan dengan urutan ke x. Contoh: Char(67) adalah 'C'.
·         Pred(x)  dengan  x  adalah  data  bertipe  char.  Fungsi  ini  digunakan  untuk mengetahui karakter yang mendahului x. Contoh: Pred('h') adalah 'g'.
·         Succ(x)  dengan  x  adalah  data  bertipe  char.  Fungsi  ini  digunakan  untuk mengetahui  karakter  sesudah  x.  Contoh:  Succ('h')  adalah  'i'.  Jika  x  tidak mempunyai penerus, maka nilai fungsi ini tidak terdefinisikan.
·         Upcase(x) dengan x adalah data bertipe char. Jika x merupakan huruf kecil maka akan dikembalikan huruf kapitalnya. Contoh: upcase('a') adalah 'A'. 

String 
String adalah data yang berisi sederet karakter yang terletak diantara tanda kutip satu.  Jika  karakter  kutip  merupakan  bagian  dari  konstanta  string,  maka  ditulis dengan menggunakan dua buah tanda kutip satu berurutan. Nilai data string akan menempati  memori  sebesar  maksim  jumlah  karakter  yang  dapa  ditampung ditambah denga  1  byte  (index  ke-0)  untuk  menyimpan panjang  string  yang sebenarnya.  Jika  panjang  string  tidak  ditulis,  makapanjang  string  dianggap  255 karakter. Panjang string yang diijinkan antara 1 sampai 255. 


 Bentuk umum dari deklarasi tipe string adalah: 
Var   pengenal : string[panjang]; 
dimana 
pengenal  : nama variabel 
panjang  : bilangan bulat yang menunjukkan banyaknya
 karakter (1 – 255). 

Untuk tipe data string, operator yang berlaku adala
h operator penggabungan (+). 

Tipe data didefinisikan pemakai (user-defined data type) 


Subrange 
Tipe  data  subrange  adalah  suatu  range  yang  menunjukkan  nilai  terkecil  dan  nilai terbesar yang dapat dipergunakan. Deklarasi tipe data subrange mempunyai bentuk: Type  pengenal = konstanta1 .. konstanta2; 
dimana: pengenal  : nama tipe data yang dideklarasikan konstanta1 : batas bawah nilai data konstanta2 : batas atas nilai data Kedua konstanta di dalam subrange harus bertipe ordinal yang sama, di mana nilai konstanta  pertama  lebih  kecil  atau  sama  dengan  nilai  konstanta  kedua.  Tipe  data real tidak dapat digunakan sebagai nilai subrange, karena buka tipe ordinal. Contoh: Type  tanggal = 1 .. 31; bulan = 1 .. 12; 

Enumerated 
Tipe  data  enumerated  (skalar)  menunjukkan  kumpulan dari  nilai  yang  urutannya sudah pasti. Nilai dari tipe yang dideklarasikan ini akan diwakili dengan pengenal – pengenal (identifiers) yang akan menjadi nilai suatu konstanta. Contoh: Type  bahasa = (delphi, java, c, pascal, basic); bulan = (maret, april, mei, juni, juli); Tipe  data  bulan  mempunya  5  elemen  dari  maret  sampai juli.  Dari  urutannya,  maret adalah identifier berupa konstanta bernilai 0 dan juli bernilai 4. Yang perlu diperhatikan dengan tipe data skalar ini adalah tipe data ini sudah berbeda dengan tipe standar yang ada dan pascal tidakmengijinkan operasi dengan tipe data yamg berbeda. 



Derajat Operator 
Anda sudah mengenal beberapa tipe data di dalam Pas
cal dan operatornya. Di dalam 
Pascal, operator – operator tersebut memiliki deraj
at atau tingakatan. Adapun kegunaan 
dari derajat ini adalah Pascal dapat menentukan ope
rator mana yang akan di jalankan 
terlebih dahulu. 
Misal: x := 4 + 5 * 3 
Menurut anda, berapakah nilai dari x? Apakah 27 (ha
sil dari 9 * 3) atau 19 (hasil dari 4 + 
15) 
Berikut ini urutan operator berdasarkan derajatnya:

@, not, *, /, div, mod, as, and, shl, shr, +, -, or
, xor, :=, <>, <, >, <=, >=, in 

Berdasarkan dari urutan operator di atas, maka nila
i x pada x := 4 + 5 * 3 adalah 19, 
karena operator * lebih dulu dikerjakan daripada op
erator +. 

Akan  tetapi,  jika  kita  ingin  agar  operator  +  dikerj
akan  terlebih  dahulu,  kita  bisa 
meletakkan operasi penjumlahan tersebut di dalam ku
rung, musalnya: x := (4 + 5) * 3. Di 
sini  nilai  x  itu  adalah  27, karena  di  dalam  Pascal 
operasi  yang  di  dalam kurung  akan 
dilakukan terlebih dahulu, tidak dipengaruhi oleh d
erajat operator. 

   


INPUT OUTPUT DI DALAM PASCAL 
Write dan Writeln 
Perintah  ini  digunakan  untuk  mencetak  kata-kata  ata
u  variable  ke  layer  kompuer. 
Sebagai contoh untuk mencetak kata ‘Sedang Belajar 
Pascal’, perintah yang diberikan 
adalah: 

Write(‘Sedang Belajar Pascal’); 
atau 

Writeln(‘Sedang Belajar Pascal’); 
Jika  menggunakan  write,  setelah  mencetak  kata  –  kat
a  atau  variable,  kursor  akan 
diletakkan  di  samping  hasil  cetakan.  Jka  menggunaka
n  perintah  writeln,  setelah 
mencetak  kata  –  kata  atau  variable,  kursor  akan  dip
indahkan  ke  bawah  satu  baris 
dengan  posisi  horizontal  pada  awal  baris.  Untuk  men
cetak  suatu  variable,  tidak  perlu 
tanda petik satu. Contoh: 

Var A : integer; 
Begin 
  A:= 9; 
  Writeln(A); 
End. 

Dengan menggunakan write atau writeln, kita bisa me
nampilkan kata – kata dan variable 
dengan tanda koma (,) sebagai pemisah antara variab
le dan kata - kata, Contoh: 

Var A : integer; 
Begin 
  A:= 9; 
  Writeln(‘Nilai A adalah ’, A); 
End. 

Terkadang kita menemukan prosedur write atau writel
n yang ditulis seperti ini,  
writeln(‘Asyik’:  10) 
 Jika  ditulis  seperti  ini,  maka  akan  menghasilkan  space  yang disediakan untuk menuliskan kata asyik di layar monitor adalah 10 karakter, mulai dari kiri ke kanan. Coba tuliskan program berikut ini: 

begin 
write(‘Sehat’: 10); write(‘Senang’: 10); 
readln; 
end. 

Perhatikan apa yang terjadi pada penggalan program 
di atas! 
Selain itu, dengan menggunakan write atau writeln, 
kita dapat mengatur berapa banyak 
angka  di  belakang  koma  yang  akan  ditampilkan  di  lay
ar  monitor  jika  kita  ingin 
menampikan  bilangan  real,  caranya  adalah  dengan  men
uliskan  seperti  program  di 
bawah ini 
Begin 
Write(1/3: 5 : 2); write(2/3: 5: 2); 
Readln; 
End.

Read dan Readln 
Read  atau  readln  digunakan  untuk  menerima  masukan  dari  user  untuk  disimpan  ke dalam suatu variable. Contoh: 

Var A: Integer; 
Begin 
  Write(‘Masukkan nilai A: ’);readln(A); 
  Writeln(‘Nilai yang anda masukkan adalah: ’, A); 
End. 

Catatan: 
Terkadang kita menggunakan fungsi readln pada satu baris sebelum kata end.. Hal ini dimaksudkan  agar  suatu program  tidak  akan  langsung terminate (berhenti)  tanpa menunggu  suatu  masukan  dari  user.  Adapun  masukan  tersebut  berupa  penekanan tombol enter pada keyboard. 

Komentar 
Komentar  adalah  bagian  dari  program  yang  tidak  akan diproses  oleh  compiler  (Free Pascal). Komentar hanya digunakan untuk dokumentasi saja. Cara pemberian komentar adalah dengan menambahkan //
 untuk 1 baris atau 
{…}
 untuk lebih dari 1 baris. Contoh 
pemberian komentar: 

Program Komentar; 
Begin 
  //Ini Adalah Komentar 
  (Pernyataan – pernyataan ini 
   Tidak kan Diproses} 
End. 

Unit 
Di dalam Pascal, ada bagian yang disebut sebagai unit. Unit ini menyimpan fungsi dan prosedur  standard  yang sudah  didefinisikan  oleh  pembuat  compiler.  Beberapa  unit standard yang ada dalam Pascal adalah Crt, System, Graph, Dos, Printer, dan Overlay. Cara penggunaan unit adalah dengan menambahkan statemen: 
Uses nama_unit; 
pada 
bagian Deklarasi
Misal: 
Uses Crt; 

Beberapa fungsi dan prosedur yang ada dalam unit Crt:

Clrscr 
Clrscr adalah suatu prosedur untuk membersihkan layer. Contoh: 

Uses crt; 
Begin 
  Writeln(‘Layar Sudah Bersih’); 
  Readln; 
End. 

Readkey 
Readkey adalah fungsi masukan yang hanya akan mengambil satu karakter masukan. 
Jenis  variable  yang  dapat  diinput  oleh  readkey  pun hanya  jenis  variable  karakter. 
Contoh: 

Uses crt; 
Var A : Char; 
Begin 
  Write(‘Tekan karakter apa saja di dalam keyboard’)
  A := Readkey; 
  Writeln(‘Karakter yang barusan anda tekan adalah: 
’, A); 
  Readln; 
End. 

TextBackground 
TextBackground merupakan prosedur untuk mengganti warna background tulitan yang ditampilhan di layer dengan warna yang kita inginkan. Perintah yang digunakan adalah: 
Textbackground(warna); 

Warna  merupakan  variable  yang  bias  diganti  dengan  nama  warna  atau  nilai  warna tersebut: 

Warna  Konstanta  Nilai  Warna  Konstanta  Nilai 
Hitam  Black  0   
 Coklat Tua  Dark Brown  8 
Biru  Blue  1  
 Biru Muda  Light Blue  9 
Hijau  Green  2   
Hijau Muda  Light Green  10 
Cyan  (Biru Laut) Cyan  3    
Cyan Muda  Light Cyan  11 
Merah  Red  4 
Merah Muda  Light Red  12 
Magenta  Magenta  5    
Magenta Muda  Light 
Magenta 13 
Coklat  Brown  6    
Kuning  Yellow  14 
Coklat Muda  Light Gray  7   
 Putih  White  15 

Contoh: 
Uses Crt; 
Begin 
  Textbackground(Red); 
  Writeln(‘Laboratorium Komputasi FMIPA UGM’); 
  Readln; 
End. 

Textcolor 
Textcolor  merupakan  prosedur  yang  digunakan  untuk  m
ewarnai  tulisan.  Perintahnya 
adalah: 
  Textcolor(warna); 

Cara pengisian warna sama dengan Textbackground. 
Contoh: 
Uses crt; 
Begin 
  Textbackground(Red); 
Textcolor(Blue); 
  Writeln(‘Laboratorium Komputasi FMIPA UGM’); 
  Readln; 
End. 

Beberapa fungsi dan prosedur untuk operasi Aritmati
ka: 
Sqr(Value)  
 fungsi ini digunakan untuk menghasilkan nilai perpangkatan 
Sqrt(Value) 
 fungsi ini digunakan untuk menghasilkan nilai akar
 pangkat dua 
Abs(Value) 
 untuk menghasilkan nilai mutlak 
Ln(Value) 
 untuk mencari nilai logaritma natural 
Exp(Value) 
 untuk mencari nilai eksponennya 
Trunc(Value) 
 untuk memotong nilai real ke suatu nilai integer 
Round(Value) 
 untuk membulatkan nilai real ke nilai integer yang
 terdekat 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar